Al Azhar IIBS

Alhamdulillah pada Sabtu, 15 Juni 2024 (8 Dzulhijjah 1445 H) telah terlaksana Akhirussanah angkatan pertama SMA Islam Al Azhar 28 IIBS & SMP Islam Al Azhar 51 IIBS yang bertempat di Ballroom Grand Mercure Hotel Solo Baru.

Akhirussanah perdana kali ini berlangsung meriah dan penuh makna, dihadiri oleh 72 wisudawan wisudawati dari kelas IX dan kelas XII, jajaran dewan yayasan, direksi, guru, dan karyawan serta wali murid. Turut hadir pula perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar.

Berbagai rangkaian acara disuguhkan dengan sangat epik dan spektakuler, salah satunya kehadiran Baraa Masoud, Qori Internasional sekaligus hafiz Qur’an untuk memberikan motivasi kepada para lulusan Al Azhar IIBS bahwa kedepan bisa berda’wah dimanapun, dalam event apapun, tempat apapun dan profesi apapun, serta tetap berpegangan dengan 3 hal yakni Quran yang terbaik, adab yang terbaik dan tentu mampu bersaing serta berkiprah di kancah Internasional. 

Akhirussanah kali ini memang berbeda dan lain daripada yang lain dari Akhirussanah yang ada di Solobaru, rangkaian acara dikemas menjadi alur cerita sebuah drama yang menceritakan pengalaman menimba ilmu di AAIIBS. Dimulai dengan video visualisasi pembukaan ala perhelatan spektakuler yang memadukan audiovisual dan lighting kemudian dilanjutkan prakata oleh MC, dimana kali ini para MC dimeriahkan oleh jajaran direksi yang sangat familiar oleh anak-anak, Ust Khilmi, Ust Gun dan Ust Zul, dilanjutkan dengan penampilan paduan suara sholawat asyghil oleh murid yang mengiringi wisudawan memasuki ruangan, mini teater kolaborasi guru dan murid, tilawah, penampilan baris-berbaris, menyanyikan Indonesia Raya & Mars Al Azhar, penampilan ASBD, penampilan nasyid, Sambutan CEO Al Azhar IIBS ibu Kartika Dewi Anggraini, M.Psi, Psikolog., Sambutan perwakilan wali murid Bapak Ahmad Sugito, M.Pd., Sambutan Ketua I Yayasan Makarima Dr. Harun Rosjid, Sp. B., MARS, Sambutan perwakilan Dinas Pendidikan, dilanjutkan penampilan Nasyid Baraa Masoud, Prosesi Wisuda & Rewarding, Tausiyah KH. Syihabbudin AM, All Hafizh, dan diakhiri dengan prosesi sungkeman anak-anak kepada walimurid yang sungguh menyentuh hati.

Alhamdulillah atas izin Allah, sebagian besar murid Al Azhar IIBS telah menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 Juz dan diterima di berbagai kampus unggulan baik di dalam maupun di luar negeri, diantaranya: 

  1. Monash University
  2. Curtin University Singapore
  3. Deakin University
  4. Coventry University
  5. Adelaide University
  6. The University of Newcastle Australia
  7. HSE University Moscow
  8. The Chinese University of Hong Kong
  9. The Hong Kong University of Science and Technology
  10. International Islamic University Malaysia, IIUM
  11. City University of Hong Kong
  12. The Hong Kong Polytechnic University
  13. Ritsumeikan Asia Pacific University Japan
  14. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  15. Institut Teknologi Bandung
  16. Institut Pertanian Bogor
  17. Universitas Padjajaran
  18. Universitas Negeri Jakarta
  19. Universiti Kebangsaan Malaysia
  20. Universiti Malaya
  21. Russia Government Scholarship. 

MasyaAllah !!!

Keberhasilan ini tentunya sebagai cerminan motto Al Azhar IIBS yakni menghasilkan generasi muslim 5.0 dalam balutan Al-Qur’an dan adab yang berdaya saing global. Pola pembelajaran yang diterapkan dengan mengacu pada quranic learning, courtesy oriented, dan world-class education.

Ibu Kartika Dewi Anggraini, M.Psi, Psikolog. selaku CEO Al Azhar IIBS Karanganyar mengatakan, “Angkatan pertama ini, untuk murid lulusan SMP yang khatam 30 Juz sekitar 30%. Sedangkan murid lulusan SMA sekitar 55%. Ini sebuah pencapaian luar biasa dan membuktikan konsep Quranic Learning berjalan maksimal.”

Ketua I Yayasan Makarima, Bapak Dr. Harun Rosjid, Sp. B., MARS, mengatakan, ”kekuatan Al Azhar IIBS adalah balutan Al-Qur’an dan adab yang diimplementasikan dalam aktivitas belajar mengajar di pondok modern. Keberadaan Al Azhar IIBS mengintegrasikan Al-Qur’an, adab serta sains, atau teknologi. Sehingga diharapkan mampu melahirkan cendekiawan muslim yang berkepribadian kaffah, berjiwa pemimpin, dan berdaya saing global. “Kekuatan Al Azhar IIBS karena balutan Al-Qur’an dengan tangan-tangan Allah SWT. Saya terharu dan bersyukur. Saya teringat saat soft opening masih masa pandemi Covid-19” ucap beliau. Harapanya , Akhirussanah ini menjadi awal langkah perjalanan lulusan pertama SMP/SMA Al Azhar IIBS untuk melanjutkan studi mereka, serta berkiprah dan berjuang ditengah ummat dan masyarakat dalam menyongsong Indonesia emas 2045.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim
Assalamualaikum Al Azhar IIBS
Mohon info lebih lanjut untuk pendaftaran murid baru
Terima Kasih